0

To Manage Things That Never Turns

time

Manusia adalah makhluk yang sangat terbatas sekali. Manusia bisa saja membuat superkomputer canggih yang dapat menyelesaikan segala jenis perhitungan di dunia ini tetapi belum ada yang dapat mengitung kapan ia akan meninggal atau menyelesaikan perhitungan dengan malaikat maut. Manusia pasti mati. Kita juga dibatasi dalam hal kemampuan. Nobodys perfect, that’s the rules. Setiap manusia mempunyai fungsi kerja dalam suatu peradaban, yang ia pilih. Seorang manusia dalam waktu yang terbatas -average 70 tahun- dan kemampuan yang terbatas, tidak bisa mengerjakan semua hal. That’s the fact. Continue Reading

0

Unreasonable Fear

islamophobic

Saya sering sekali mendapatkan fenomena baru yang sangat menarik untuk dikaji, salah satunya adalah apa yang akan saya tulis ini, saya memberi nama fenomena baru ini sebagai fenomena “unreasonable fear”, ketakutan yang nggak beralasan.

“Gimana nanti kalau saya udah nikah lalu saya nggak bisa membiayai keluarga saya?”

“Kalau syari’at Islam ditegakkan, nanti ada potong tangan, rajam dan pluralitas nggak terjaga, non-muslim akan dimarjinalisasi!”

“Bayangkan kalau tidak ada partai Islam di pemerintahan, dan tidak ada demokrasi, maka gerakan Islam akan diberangus habis, karena itulah kalian harus berterimakasih pada kami dan pada demokrasi!”

Nah, pernyataan-pernyataan seperti inilah yang saya kelompokkan sebagai unreasonable fear. Terkadang kita selalu menakutkan sesuatu yang belum jelas atau belum pasti, sedangkan bahaya di depan mata yang sudah kita alami tidak kita rasakan. Kita mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu sedangkan menafikkan sesuatu yang sudah tentu. Mari kita mulai kajiannya: Continue Reading

0

Fetih Sultan Mehmed Tertarik Pada Kristen?

Sebuah lukisan Sultan Mehmed II.

Sejarah memang milik siapa yang menulisnya. Dengan kata lain, seperti apakah gambaran sejarah tentang suatu hal, bergantung dari sudut pandang serta latarbelakang penulisnya. Begitu juga halnya dengan sejarah Fetih Sultan Mehmet. Berbagai catatan sejarah, laporan, dan pandangan melingkupi tubuh penakluk besar Islam ini. Ada catatan-catatan sejarah yang baik dan mulia tentang dirinya, dan ada juga berbagai laporan yang buruk, terutama laporan dari kafir Barat. Dan terus terang, laporan-laporan sejarah tentang Fetih Sultan Mehmet yang berasal dari kafir Barat membuat saya shock. Mereka menggambarkan betapa buruknya sosok Fetih Sultan Mehmet. Dalam tulisan ini marilah sedikit kita bicarakan tentang bagaimana pandangan buruk kafir Barat terhadap diri Sultan Mehmet yang telah dinobatkan oleh Nabi Muhammad saw. sebagai komandan terbaik sepanjang masa.

Fetih Sultan Mehmet telah dianggap sebagai teror terbesar di dunia Kristen Eropa. Gerakan futuhat Sultan Mehmet yang amat agresif dan massif membuat orang-orang Kristen ketakutan setengah mati, sebab secara cepat mereka terus kehilangan wilayah-wilayah mereka. Karena hal ini, tiga orang Paus silih berganti mendeklarasikan Perang Salib kepada Sultan Mehmet. Kebencian yang sedemikian besar itulah yang amat memengaruhi berbagai catatan dan laporan dari Barat yang sedemikian buruk terhadap Sultan Mehmet.

Continue Reading

1

Fetih Sultan Mehmed Punya Nama Pena?

Prajurit Turki Utsmani

Ada sebuah kemiripan yang biasanya terdapat pada diri orang-orang yang sukses dan besar, biasanya mereka gemar membaca dan menulis. Memang benar membaca dan menulis tidak akan serta-merta membuat orang menjadi besar dan sukses. Tapi, orang-orang yang besar dan sukses pastilah gemar membaca dan menulis. Salah satu wujud dari hal ini adalah, biasanya mereka memiliki perpustakaan pribadi dengan berbagai koleksi buku.

Continue Reading

0

Kesatria Putih Dari Hongaria (Serial Musuh Muhammad al-Fatih, 2 dari 3)

John Hunyadi

John Hunyadi, digelari Kesatria Putih dari Wallachia, adalah seorang Jenderal besar dari Kerajaan Hongaria. Hunyadi dikenal luas sebagai Jenderal besar dan seorang ahli strategi perang. Hunyadi juga mempekenalkan berbagai perubahan dalam dunia militer abad pertengahan, dan dikenal pula sebagai ikon perlawanan terhadap futuhat Khilafah Usmaniyah. Dia juga adalah Voivode Transilvania dan ayah dari raja besar Hongaria, Matthias Corvinus. Hunyadi mengorganisir kembali kekuatan angkatan perang Hongaria, dari yang tadinya berdasarkan kepatuhan aristokratik-feodal yang ketat, menjadi menjadi angkatan perang yang lebih efisien dan profesional, yang pada perkembangan selanjutnya membawa perubahan pada komponen militer Eropa. Reformasi militer ini kemudian terus berkembang di bawah kepemimpinan penerus sekaligus anaknya, Matthias Corvinus, yang kemudian berhasil membentuk Angkatan Bersenjata Hitam Hongaria.

 

Hunyadi pun dikenal sebagai komandan lapangan terhebat sepanjang masa. Kemenangannya atas Muhammad al Fatih pada Pengepungan Belgrade (1456) dipandang sebagai kemenangan besar dalam sejarah militer Eropa. Dia diberi gelar Athleta Christi (Champion of Christ) oleh Paus Pius II.

 

Continue Reading

0

Old Times Brings Memories

dash1-emperor
aku berlari lari mengejar mobilku..
mengikuti kata hatiku..
mobilku nomor 1
sumber cahaya yang slalu kucinta….
DASH! mobilku nomor 1, mobilku tak pernah kalah!
DASH DASH DASH!

Teringat masa kecil saya yang kurang berbahagia hehe.. Nostalgia ndeso sedikit ke masa lalu, saat saya masih kecil dulu ada film yang sering sekali diputar di TV (yang waktu itu hanya satu-satunya), DASH! Yonkuro. Film yang menceritakan kisah seorang anak dan teman-temannya dalam race mobil mini 4WD, booming banget waktu itu filmnya, dan saya termasuk salah satu korbannya hehehe..

Segala macam merchandise laku keras, mobil-mobilan mini 4WD ibarat kacang goreng di pasaran mainan anak-anak, saya pribadi pun punya 6 mobil 4WD yang berbeda, hehehe.. Tidak hanya itu, sirkuit mini 4WD pun menjamur dimana-mana, anak-anak tidak dikatakan gaul kalau nggak punya mobil yang cepet, dinamo murahan kelaut aje, semua anak-anak punya standar yang sama yaitu mobil diukur dari kecepatan dan mahalnya spareparts, permainan berubah menjadi perlombaan dan kompetisi yang menonjolkan persaingan bukan fun dan happines.

Continue Reading

1

Islam in China

chinese-muslim-boys

Apa yang muncul di benak kita ketika melihat wajah putih kekuningan dengan mata yang sipit? maka biasanya yang terbetik di benak kita adalah: kafir, musyrik, penjajah, pelit, egois, perebut harta pribumi, koruptor, penjual narkoba dan lain-lain. Well, that’s acceptable, kenapa? karena fakta itulah yang mungkin selalu terlihat oleh ummat muslim di Indonesia, sehingga beberapa orang yang berpandangan sempit lalu membenci warga keturunan Cina di negeri mereka tanpa alasan dan dalil yang jelas.

Nah, kali ini kita akan sedikit memperluas pandangan dan me-rekonstruksi perasaan kita tentang orang keturunan Cina ini, karena ternyata Islam bukanlah agama yang asing bagi warga Cina, tidak seperti daerah lain yang muslimnya masih didominasi oleh warga keturunan arab, muslim Cina tersusun dari warga asli mereka sama banyaknya dengan warga pendatang dari keturunan arab. Continue Reading

0

Saat Masjid Jadi Jantung Peradaban

hgs

Mari sejenak kita terbang ke abad ke-15, saat itu Eropa masih berada di penghujung abad gelap, yang mana sebagian besar masyarakatnya masih mempercayai takhayul dan cerita bohong. Saking percayanya, mereka sanggup membakar seorang wanita atau mengubur hidup-hidup seorang lelaki hanya karena dakwaan mereka “dirasuki setan”

Pada abad ke-15 tepatnya tahun 1470, berdiri sebuah Masjid megah di tengah kota Konstantinopel yang diganti namanya menjadi Islambul (sekarang Istanbul) oleh Muhammad Al-Fatih. Kelak Masjid ini akan dikunjungi pada tahun 1540 oleh Nicolas de Nicolay, geografer istana Raja Francis I, lalu ia berkomentar: Continue Reading

0

MacGyver dan Al-Fatih

alfatihmacgyver

Sebagai anak yang lahir padah tahun 1980-an, saya nggak punya banyak pilihan dalam hiburan, internet belum masuk di kota Palembang hingga sekitar 1997-an, paling video VHS yang bisa disewa, itupun mahal dan nggak selalu ada, bisa dinikmati mungkin hanya oleh orang-orang kaya saja. Jadi pilihan satu-satunya yang paling hemat tentu TV, itupun kalau beruntung bisa lihat tetangga yang punya parabola

Sinetron belum sebanyak sekarang, kebanyakan acara di TV adalah seri luar negeri yang dialihbahasakan, ada juga yang langsung ditayangkan dalam bahasa aslinya dengan subtitle, dan tentu yang paling favorit diantaranya adalah MacGyver

MacGyver diceritakan sangat cerdas, mampu mengatasi seluruh masalah dengan apapun yang ada disekitarnya. Ia tak pernah mengandalkan fisik, tapi otaknya jalan. Selotip, peniti, kawat dan, esbatu bisa jadi pemantik-terkendali-waktu, apalagi kalau sudah ketemu deterjen, garam dapur dan peralatan bengkel, MacGyver bisa menyulapnya jadi bom atau pesawat terbang Continue Reading

0

Ustadz Kok Dagang?

felixsiauw

“Ustadz kok dagang”
“Halah, ngaku agamis, ternyata jualan agama”

Komentar satir sinis dan serupa dengannya tentu sudah akrab di telinga kita, dan senantiasa muncul komentar yang sama pedasnya atau lebih dari itu di kolom komentar saat posting-posting tentang jualan kita temukan, dan tentu di postingan kali ini pun juga pasti akan ada komentar serupa hehehe..

Padahal, menafkahi keluarga dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits adalah kewajiban mulia bagi lelaki, dan dalam hadits lain penghapus dosa yang tidak bisa dihapus dengan shalat dan puasa, juga sebagai sarana shadaqah bagi suami kepada istri, anak-anak, dan seluruh anggota keluarga Continue Reading